Ikan Gurame Mini alias Gurami Kerdil (Dwarf Gourami, Colisa lalia)

Ikan gurame mini alias gurami kerdil (Dwarf Gourami, Colisa lalia) adalah spesies ikan air tawar bersifat bentik pelagis. Merupakan ikan asli dari daerah Bangladesh, India dan Pakistan. Bahkan ditemukan juga di Myanmar dan Nepal. Ikan gurame mini alias gurami kerdil (Dwarf Gourami) telah banyak diintroduksi ke beberapa negara lainnya seperti Singapura, Kolombia dan Amerika Serikat, termasuk juga Indonesia.

Habitat Ikan Gurame Mini / Gurami Kerdil (Dwarf Gourami)

Habitat asli ikan gurame mini adalah danau atau sungai berarus tenang dan anak-anak sungai. Habitat ikan gurame kerdil umumnya padat ditumbuhi oleh tanaman air dan pada habitat tersebut dapat ditemui berbagai jenis ikan gurame mini dari genus Colisa hidup bersama-sama.

ikan gurame mini dwarf gourami

Media Pemeliharaan Ikan Gurame Mini / Gurami Kerdil (Dwarf Gourami)

Ikan gurame mini seringkali dipelihara di akuarium berukuran kecil, tetapi ukuran minimum akuarium yang disarankan adalah 60 cm (24 inci). Tempatkan akuarium di tempat yang cukup tenang di rumah, karena ikan gurame kerdil ini terkadang menjadi sangat gelisah bila mendapatkan situasi banyak suara. Di dalam akuarium, ikan gurame mini mendiami daerah tengah dan atas dari akuarium. Akuarium tempat pemeliharaan ikan gurame mini harus dibuat sedemikian rupa sepert habitat alami dari ikan gurame mini yang menginginkan banyak tumbuhan air. Sangat disarankan menggunakan tanaman air yang mengambang untuk menutupi sebagian dari permukaan akuarium.

ikan gurami kerdil dwarf gourami

Tangki Pemijahan Ikan Gurame Mini / Gurami Kerdil (Dwarf Gourami)

Ikan gurame mini bukanlah jenis ikan yang agresif terhadap jenis ikan lainnya dan karena itu seringkali dipelihara dalam akuarium bersama-sama dengan spesies ikan non-agresif lainnya. Jika beberapa ikan gurame mini jantan ditempatkan bersama-sama dalam satu akuarium, mereka akan bersifat sangat teritorial. Tetapi hal ini dapat diatasi dengan menempatkan mereka dalam akuarium yang lebih besar dengan banyak tanaman air yang berfungsi sebagai pembatas alami. Sangat tidak disarankan untuk mencampur ikan gurame kerdil ini dengan ikan yang jauh lebih besar atau bersifat agresif, karena kemungkinan akan mengganggu ikan gurame mini. Ikan gurame mini seringkali dipelihara bersama-sama dengan ikan-ikan jenis tetra, guppy, atau ikan platy pedang (Xiphophorus helleri).

ikan gurami kerdil

Pemeliharaan Ikan Gurame Mini / Gurami Kerdil (Dwarf Gourami)

Memelihara ikan gurame mini tidaklah terlalu sulit, dan oleh karena itu spesies ikan hias ini sangat disarankan bagi pencinta ikan hias pemula. Cara memelihara kualitas air akuarium ikan gurame kerdil ini adalah dengan menjaga agar pH air sekitar 7, dan usahakan agar tidak turun di bawah 6 atau naik di atas 8. Kisaran kesadahan (hardness) air yang disarankan adalah 5 - 19. Suhu air yang disarankan adalah 25 - 28 ° C. Jika ikan gurame mini dirawat dengan baik selama pemeliharaan, ikan hias ini dapat hidup selama 3-4 tahun di dalam akuarium.

gurame mini dwarf gourami

Makanan Ikan Gurame Mini / Gurami Kerdil (Dwarf Gourami)

Ikan gurame mini adalah jenis ikan omnivora yang memakan makanan berupa daging serta tanaman dan / atau alga. Di alam, ikan hias ini memakan serangga dan larva dari permukaan air serta alga yang tumbuh di bebatuan yang ada di perairam. Dalam penangkaran, ikan gurame mini akan memakan hampir semua jenis makanan yang diberikan, termasuk makanan berbentuk serpihan (flake), pakan beku, pakan beku kering (freeze dried food) dan pakan hidup. Memberi ikan hias ini makanan hanya berupa pakan flake, dapat menyebabkan ikan gurame mini kehilangan warna cemerlang pada tubuhnya. Disarankan menggunakan pakan flake tropis berkualitas tinggi sebagai makanan pokok, namun sangat dianjurkan juga untuk memberi ikan gurami kerdil pakan berupa plankton dan pakan hidup lainnya, misalnya artemia. Cacing darah beku kering juga diketahui dapat membantu menumbuhkan warna tubuh pada ikan gurame mini. Tambahkan juga sedikit tanaman ganggang pada permukaan akuarium untuk tambahan makanan, selain dapat juga sebagai tempat berlindung ikan gurami mini. Itulah beberapa jenis pakan yang disarankan diberikan pada pemeliharaan ikan gurami mini alias ikan gurame kerdil (Dwarf Gourami).

2 Responses to "Ikan Gurame Mini alias Gurami Kerdil (Dwarf Gourami, Colisa lalia)"

wdcfawqafwef